Loading ... ... Please wait!

Jumat, 06 Maret 2009

Form Login PHP di Blogger

Jika anda berkunjung ke berbagai web portal terutama yang berbasis interaktif php, mungkin anda sering melihat jenis widget ini "FORM LOGIN". Form login adalah form yang digunakan untuk Log in atau Online sebagai anggota/member dari sebuah web. Dengan melakukan Login berarti anda dianggap Online. Sederhananya form login ibarat absen tanda hadir. Sebagai contoh, Pernah lihat blog yang memasang Icon Yahoo Mesenger Online atau Offline. Untuk bisa dianggap online, kita harus login dulu di server yahoo.com begitu juga sebaliknya untuk dianggap offline, kita harus logout dulu dari server yahoo.com.

Bagi pemilik web atau blog terutama jika web/blog tersebut sangat interaktif, mengelola members adalah suatu keharusan. Berbagai layanan yang mungkin akan kita bagi kepada pengunjung mengharuskan kita memprivasi tiap-tiap layanan tersebut sesuai dengan tingkatan hak yang diberikan misalnya hanya sebagai user/pengunjung biasa atau sebagai superuser/member yang kita beri hak untuk mengelola sendiri sebuah layanan dengan hak akses tertentu. Nah untuk menggunakan hak akses tersebut sudah tentu harus memanfaatkan FORM LOGIN. Sebagai contoh BLOGGER.COM menyediakan layanan blog gratis dan memberi hak akses tiap-tiap member untuk mengelola blognya masing-masing. Jika kita ingin melakukan setting blog misalnya, kita tidak bisa melakukannya hanya berstatus user, kita harus login sebagai Member. Dan untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan FORM LOGIN.

Sebagai pengelola Web yang memanfaatkan hosting web dari server web tertentu, mengcreate sebuah layanan menuntut kita untuk juga menciptakan ADMIN untuk mensetting layanan yang kita buat tanpa harus login ke server dan cukup mensetting ditingkat subhosting saja. Dan untuk kebutuhan tersebut dibutuhkan FORM LOGIN.

Sebagai contoh MEMBANGUN BLOGLIST BERBASIS PHP di blog ini. Ada fasilitas VIEW BLOGLIST, ada fasilitas FORM INPUT BLOGLIST. Bisa saja muncul masalah, namanya juga FORM INPUT dimana-mana, user bebas mengisi apa saja, dan bagaimana seandainya saat mengisi ada kata yang salah, atau kata-kata yang digunakan tidak sopan, atau user adalah SPAMMER. Oleh karena itu harus ada fasilitas ADMIN yang berfungsi untuk mengelola UPDATE DATA, DELETE DATA, BANNED IP dan SETTING LAYOUT. Dan untuk bisa masuk sebagai admin dibutuhkan hak akses. Hak Akses sebagai Member biasa, atau sebagai Admin atau sebagai Master ditentukan dari kode akses yang dimasukkan pada FORM LOGIN.

Oleh karena itu sebelum kita berkreasi dengan berbagai keunggulan PHP MYSQL, saya menyarankan untuk terlebih dahulu membuat FORM LOGIN PHP di BLOGGER.

Sebenarnya ada 6 tahap utama untuk menata members
  1. Daftar sebagai Member. Pada web sering di tulis dengan link "SIGN UP" atau "DAFTAR"

  2. Form Login atau sering ditulis dengan link "SIGN IN" atau "LOG IN"

  3. Log Out, link untuk menyatakan menutup akses ke ADMIN AREA

  4. Forgot Password, Layanan yang diberikan untuk mengantisipasi Member saat lupa password

  5. Admin Area, Hak layanan yang diberikan kepada member jika login sebagai member. Biasanya digunakan untuk Menata Layanan.

  6. Counter dan Traffik Member /User Online

Pada kesempatan ini akan kami jabarkan cara membuat FORM LOGIN (point 2) . Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Pastikan anda telah membaca dan menjabarkan artikel sebelumnya tentang PHP yaitu Membangun PHP MYSQL di Blogger, Webhosting Berbasis PHP, Hosting PHP di UEUO DOT COM.

  2. Buka http://www.ueuo.com/, Kemudian Login, (Lihat contoh gambar)

  3. Setelah Login dianggap sah, akan muncul jendela baru "Member Area" (Lihat contoh gambar). Klik tombol "File Manager" sehingga akan muncul halaman seperti contoh gambar ini. Pada Area FILE MANAGER cari fasilitas CREATE FILE/BUAT FILE BARU > isi dengan nama "login.php" kemudian submit (Lihat Contoh Gambar). Anda akan di bawa ke halaman textarea.

  4. Isi Script berikut (lihat script login.php) pada textarea File Manager > tekan tombol Save > Jika eksekusi berhasil maka saat kembali ke File Manager akan terlihat seperti ini (Lihat Contoh Gambar).

  5. Pada Area FILE MANAGER cari fasilitas CREATE FILE/BUAT FILE BARU > isi dengan nama "kirim.php" kemudian submit. Anda akan di bawa ke halaman textarea.

  6. Isi Script berikut (lihat script kirim.php) pada textarea File Manager > tekan tombol Save > Jika eksekusi berhasil maka saat kembali ke File Manager akan terlihat seperti ini (Lihat Contoh Gambar).

  7. Pada Area FILE MANAGER cari fasilitas CREATE FILE/BUAT FILE BARU > isi dengan nama "logout.php" kemudian submit. Anda akan di bawa ke halaman textarea.

  8. Isi Script berikut (lihat script logout.php) pada textarea File Manager > tekan tombol Save > Jika eksekusi berhasil maka saat kembali ke File Manager akan terlihat seperti ini (Lihat Contoh Gambar).

  9. Membuat Table USER pada Database Mysql. Kembali ke Member Area, Klik phpMyAdmin (Lihat Contoh Gambar). Masukkan nama database anda dan password database

  10. Setelah itu akan muncul halaman "phpmyadmin area" (Lihat Contoh Gambar).

  11. Pada sidebar kiri, klik link database seperti yang ditunjukkan pada gambar pada point 10

  12. Setelah itu akan muncul halaman Database anda pada phpmyadmin (Lihat Contoh Gambar).

  13. Klik link Query, sehingga tampak gambar seperti ini (Lihat Contoh Gambar)

  14. Isi script berikut pada textarea seperti yang tampak pada contoh gambar point 13 (Lihat Script Mysql) sehingga menjadi seperti contoh gambar ini, kemudian tekan tombol submit query. Jika eksekusi berhasil akan tampak seperti gambar ini Contoh Gambar. Bagian yang dilingkar merah menunjukkan telah terbentuk satu table mysql dengan nama "user".

  15. Kemudian kembali ke Main Mysql dengan meng klik link database disisi kiri (yang dilingkar biru) seperti contoh gambar point 14.

  16. Setelah klik akan muncul gambar Main phpMyadmin seperti contoh gambar point 14
  17. Klik bagian yang dilingkar merah
  18. Setelah di klik akan muncul gambar seperti ini lihat ( Contoh Gambar ). Ikuti semua instruksi yang diperintahkan, untuk input data (lihat keterangan gambar), setelah itu tekan tombol GO.
  19. Jika Berhasil, maka saat kembali ke Main phpMyadmin, record pada table user bertambah 1
  20. Tahap akhir adalah menyisipkan FORM LOGIN pada Blogger.com. Masuk ke Account Blogger > layout > Add A Gadget > HTML/Javascript > Copy paste script berikut

    <script src="http://blogproject.ueuo.com/login.php" type="text/javascript"></script>

  21. Ganti text yang berwarna merah dengan alamat hosting anda, kemudian simpan

  22. Hasilnya kira-kira seperti ini Lihat Contoh Gambar.

  23. Silahkan uji coba sendiri, masukkan nama login anda dan password (ingat !!! bukan kode encriptnya)

  24. Jika berhasil akan tampak seperti gambar berikut (Lihat Contoh Gambar). Klik link LOGOUT untuk kembali ke mode awal.

  25. Jangan Klik link Sign Up karena halaman Sign Up belum dibuat artikel tutorialnya ... He he he, tunggu Postingan Berikut....

Related Posts by Categories



75 comments:

Anonim mengatakan...
wah, pertamax algi neh kayaknya.... segera praktek ah.... oh iya Mas mau tanya, kalau ngubah ukuran text itu gimana ya?
Anonim mengatakan...
Artikelnya bagus sayang aku ngak bisa ikutinya, terlalu rumit buat pemula kayak aku, kalau bisa pak docter buat yang mudah dipahami. he he udah gartis banyak maunya..
iFant mengatakan...
Cuma bisa comment dulu belum bisa praktek, belum ada waktu...!!!
Unknown mengatakan...
@agus ,sisipkan style css pada table atau div, misalnya <table style='font-size:10px;font-family:verdana'> kalau pake div misalnya <div style='font-size:10px;font-family:tahoma'>
Anonim mengatakan...
oke mas mantaf bener nich sharingnya.

keep share boss
elyas mengatakan...
menyimak
Boyke Satria Negara mengatakan...
ok...terimakasih....akan saya coba....mudah2an bisa..
Mr. X mengatakan...
wah tambah lagi ilmu nih..terima kasih yang banyak atas indahnya berbagi.
Anonim mengatakan...
Hello!Nice to miss you!Thanks 4 posting.
My blog is : http://movie-auto.blogspot.com
Anonim mengatakan...
Funny with auto trisk?Please go to my blog!
http://movie-auto.blogspot.com
Anonim mengatakan...
Boleh dicoba nih..
Anonim mengatakan...
MANTAP infonya boss
lain dari yang lain
Anonim mengatakan...
wew.. mantaabb mas.. nanti eksperimen ah.. thanks tips trick nya mas..
Anonim mengatakan...
Makin hebat....aja boz..thanks..
tiyo avianto mengatakan...
wah wah sering eksperiment nih kayaknya
Anonim mengatakan...
wah..kalu yang inimah saya udah pake dari dulu...^^
Unknown mengatakan...
@fajardesign, jangan salah, form login ini bukan form login blogger yang digunakan untuk akses ke admin blogger.com tapi Form Login untuk mengelola admin sendiri.
Unknown mengatakan...
"have a great weekeend! :)"
danker mengatakan...
salam... mas saya orang yang mau coba blogger.. gimana yach cara masukin data dalam menu coz baru bisa buat menunya za.. maklum masih awam ..makasih sebelumnya mas..
KERJA DARI RUMAH mengatakan...
berkunjunga yah..
Hendri mengatakan...
Thanks u/ infonya...oya cara buat Font Style Setting bgm sih?
Anonim mengatakan...
mas!!aku kok gk bisa masuk ke php my admin yh?????passwor nya password apa yah?sama username apa yh?
Unknown mengatakan...
@jamal_xp, masuk phpmyadmin, masukkan nama database, passwordnya sama saat masuk ke member area
Anonim mengatakan...
jago php nih :)...

salam kenal mas :)
Anonim mengatakan...
mas kok bikin tablenya kok gk ada2 yh mas?
Anonim mengatakan...
akan dicoba thanks
ayuzuricha mengatakan...
aku ndak ngerti PHP nih :(
Jamaluddin lukman mengatakan...
mas kok gk berhasil yh?saat pasang ke bloggeR?
Unknown mengatakan...
@jamaluddinblogspot.com, mentoknya mulai ditahap mana jika bisa saya tahu, alamat hosting phpnya dimana, mudah mudahan saya bisa lacak masalahnya
Jamaluddin lukman mengatakan...
maksudnya alamat mas?
Jamaluddin lukman mengatakan...
masalahnya mas!ini...anu,,,,,,,ap!klo di query kita belun ad table!!jdi gk bsa bikin query!

apa bisa coda script my sql,langsung taruh di SQL tnpa pake query?soalnya gk ada table!klo mas khan ada table nya di tutorial ini!namanya"bloglist"jdi bisa mas klik link query!tapi sya gk ada table nya!!jdi,apa bisa langsung taruh di SQL,tanpa pake query mas?

mohon bantuannya!
tes mengatakan...
Saya sangat senang dengan gabungan antara blogger dan php, tetapi tetap saja ada masalah yang mungkin karena pemahaman yang kurang tentang bahasa pemrograman ini, sekaligus ingin menyampaikan bhw contoh (tabel) yang disampaikan di atas sudah ada, tetapi bagaimana yang belum punya tabel, inilah yang saya bilang bhw ada penjelasan terpotong di atas bagaimana membuat tabelnya.
Dr.ABDUL GAMAL mengatakan...
@jamaluddinblogspot.com, @ishaq madeamin, membuat tabel mysql pada phpMyadmin memang ada 3 cara, pertama adalah Import via Upload File (lihat point 2 BLOGLIST BERBASIS PHP untuk membuat table bloglist) dan kedua dengan cara copy paste script Create Table (lihat point 14 di artikel ini untuk membuat table user, scriptnya ada di link script mysql point 14 diatas) dan ketiga cara WYSIWYG (belum sempat saya jelaskan), nanti jika ada tutorial selanjutnya akan saya jelaskan cara yang ketiga.
Unknown mengatakan...
kapan cara ketiganya mas abgamal??dh gk sabar buat login.php nih......
Jamaluddin lukman mengatakan...
wah mas sy gk ngerti pasang nya ke blogger!klo dipasang.malah gk ad nampak login-nya!
Anonim mengatakan...
wah dah lama ga kesini ada aja info baru and mantep...tapi jujur pusing juga sob heheh, paksaan buat anda!!!segera buat artikel total artikel dibaca, kalau sudah jangan lupa kabari wkekeke...

Salam sukses...
Unknown mengatakan...
maaf mas, kok gak di ajarin cara membuat tabel di phpmyadmin??????
ardi33 mengatakan...
boz...buat komentar pemilik blog ada fotonya gitu gimana caranyaaa????
jebat7 mengatakan...
tgh hari td sememangnya sya boleh run viewbloglist tu dengn lancar sekali.semua update dn rekod tambahan dpt dilihat terus pd page tu. tiba2 dh tak boleh selepas awk menambah file ke system.
lawak dan frust yer. takpalah, esk sya akan tukar psswrd free tu.
tqvm...toto. sya akan terus memberi komen.
xtvtbest
http://ishaq.balaipolispj.com
Deddy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
deddy mengatakan...
maaf mas form login saya ko gagal ya....kenapa?
nih alamat hostingnya http://deddyvrendenk.orgfree.com/login.php
terima kasih
dwi.hrn@gmail.com
admin mengatakan...
@deddy, edit login.php, hapus tulisan Empty file has been created, you must update the file. setelah itu ikuti langkah selanjutnya yang belum anda lakukan
deddy mengatakan...
mas padahal dah di hapus lho....Empty file has been created, you must update the file nya..tapi kok di http://deddyvrendenk.orgfree.com/login.php
masih ada terus, kenapa ya....?
admin mengatakan...
@dedy, mungkin di server ada masalah, gunakan cara lain, save scriptnya di notepad kemudian gunakan fasilitas UPLOAD FILE
jamal_XP mengatakan...
yes berhasil buat login php mas!!!liat situsku www.jamal-blog.co.cc
Amelia mengatakan...
nyisipkan code css buat ngrubah font itu itu di textarea login.php? atau di html/javascript widgetnya blogger?
admin mengatakan...
@Amelia, bisa dua-duanya, jangan lupa pasang classnya
dedy mengatakan...
mas ak dah berhasil bikinnya tapi kok kalo di klik tulisan login ma tanda bintang password nya ga langsung hilang ya..?tapi musti dihapus manual gimana tu.....kayaknya kurang praktis ...
apa ada yang salah..?
Admin pksberau.com mengatakan...
he..he.., baru kasih koment, dah ngikutin dari awal. sampai di sini, BERHASIL..., lanjut to next step..
Mas Agus mengatakan...
mas udah dicoba berkali kali kok gagal mulu,setelah login diclick di blog saya,selalu invalid idnama dan password,salah dmana ya?discript kirim.php atau di database sql nya....
swapala mengatakan...
keren pak...nanti dioba...moga berhasil
Anonim mengatakan...
sdh beres semuanya, cuma pas kutes koq kagak bisa ya, bknnya kagak bisa seh, aq nggak tahu nama login yang mana ya, kalo passwordnya yg buat diencript tukan, nama loginnya yg mana pak? harap dijawab, klo bisa lewat ym, danielblogger_2k9 soalnya sy jarang bisa browsing, cuma buka ym aja, thanks
Idiot Club Indonesia mengatakan...
beuhhh,,, mantab,,, berhasil..^^
makasih bgt ya mas,,,
ribet, tapi memuaskan,.
oiya,, klo gak salah, klo langkah ini selesai, kita blum bisa login kan?
Lembaga Pelatihan mengatakan...
Apakah memungkinkan apabila halaman web php-msql-nya (login, meber area, dst) ditampilkan di Blogger dengan frame.. !! frame juga khan bisa ditulis dengan java. maaf klo sy salah..!!
danuakbar.com mengatakan...
mas, kok ketika saya coba untuk login g bs?
katanya invalid ID..

padahal saya sudah masukkan nama dan password (bukan encript) sesuai dengan yang saya tulisakan di mysql..
Dhar mengatakan...
Mantab dah.. Numpang naruh link BLOGGER TOPSITES
Dhar mengatakan...
Mantab dah.. Numpang naruh link BLOGGER TOPSITES
adji mengatakan...
Terima kasih artikel nya sangat bermanfaat, terutama saya sebagai pemula. Thanks Bro...
infinity downline mengatakan...
Hi,
You have post good information.
Kebunsaham mengatakan...
gak muncul hasilnya. semua sudah berhasil saya lakukan, apakah karena hostingku di europe ? apakah karena nama hostingnya www.kebunsaham.com dan apakah harus pakai subdomain ??
ucup_chemarank mengatakan...
kok form login n status onlinenya tidak bisa muncul ya???
kenapa ik??
Sandy Bispal mengatakan...
aku idem aja... :)
Unknown mengatakan...
trims atas informasinya
Unknown mengatakan...
Mas gimana cara masukin username dan password di php admin kok saya gagal terus.. gax bisa masuk
Bramasta mengatakan...
KALAU SAYA KOK MALAH ADA TULISAN "NO TABLES FOUND IN DATABASE"
Bramasta mengatakan...
gak bisa ah mas, tadinya udah jadi, tapi waktu mau Log In tetep ada tulisan "Invalid nama ID dan Password"
safa mengatakan...
Mantab tutorialnya... saya sudah berhasil..
lihat di blog saya..
Satria Baja Hikam mengatakan...
assalamualaikum...salam kenal bang
duh...yakin...pusing....
ru bacanya j dh mumet.pgn nyoba,tp sikon lg g nyaman (lha kok curhat????)hehe...q cb ntr bang.
seb,y q mw tnya kalo blogspot.com bs jd .php g?tmbh bngung...cz q dftr suatu web kty hrus php ,untuk blogspot.com g bs.tlg bntuannya, untuk pncerahan.
o y bang...skalian mw tukar link....mw g?link dh q psang d blogq, bs dcek d http://satriabajahikam.blogspot.com thanks...q tnggu bang konfirmasinya
Tehnik pemula mengatakan...
script phpnya versi berapa mas klo boleh tau?
bisa ke hosting yang mendukung php versi5 gak?
pasang iklan baris gratis tampa daftar
April mengatakan...
Upz,, kustomisasi php di Blogger :)
trims artikelnya,, ane coba dulu
Lombok Blogger Community mengatakan...
kok enkripsi passwordnya gag bisa kebuka ya mas???
Aji mengatakan...
Sngan brmanfaat tp krng lengkap gan biat signupnya
cetak kartu member mengatakan...
Ada panduan buat sign up dan bkin databasenya gan?
Link dana kaget mengatakan...
Thanks gan
Link DANA Kaget Terbaru mengatakan...
Sip mantul

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH