Loading ... ... Please wait!

Sabtu, 14 Maret 2009

Form Sign Up PHP di Blogger

Artikel ini merupakan kelanjutan dari Artikel sebelumnya yang bertajuk FORM LOGIN PHP di BLOGGER.

Sebelum membeberkan tutorial Form Sign Up PHP di Blogger, saya ingin meluruskan terlebih dahulu tentang artikel sebelumnya yang ternyata masih banyak yang salah kaprah. Form Login berbasis PHP yang dibangun di sini, bukan Widget FORM LOGIN yang digunakan untuk masuk ke ADMIN BLOGGER DOT COM. Form Login Blogger tersebut scriptnya memang banyak beredar dan digunakan oleh banyak kawan-kawan sesama komunitas blog. Form Login tersebut sebenarnya sama saja dengan link LOGIN yang tertera di NAVBAR BLOG.

Form Login yang dibangun disini adalah Form Login untuk akses masuk ke ADMIN AREA yang kita bangun sendiri menyerupai ADMIN BLOGGER mengingat keterbatasan BLOGGER menyediakan fasilitas interaktif. Karena keterbatan layanan yang disediakan blogspot ini maka banyak kawan-kawan memanfaatkan layanan pihak kedua dan ketiga untuk mempercantik dan memperkaya fasilitas blognya. Satu contoh misalnya SHOUTBOX. Pihak Blogspot tidak menyediakan fasilitas tersebut, akhirnya ramai yang menggunakan shoutbox punya Shoutmix atau Cbox. Satu lagi Counter dan statistik juga tidak difasilitasi oleh blogspot sehingga ramai juga yang meminjam punya pihak lain misalnya Sitemeter.com dll. Karena ramainya pihak ketiga yang kita gunakan, muncul pemikiran bagaimana jika ada inovasi baru yang memungkinkan kita berimprovisasi sendiri dengan semua layanan yang umum digunakan oleh situs-situs portal, kemudian kita hadirkan di blog, sehingga antara weblog dan website portal menjadi seakan-akan tak ada beda.

Hanya ada satu cara untuk itu, bangun PHP dan MYSQL di Blog karena kedua bahasa itulah yang umum dan universal digunakan untuk menciptakan keragaman fasilitas widget apa saja yang ada di web di dunia maya ini termasuk semua fasilitas widget yang ada di blogger dot com dan wordpress. Sayangnya Blogger dot com tidak secara terang-terangan mendukung PHP dan MYSQL. Inilah yang kemudian mengilhami saya untuk membangun dulu PHP dan MYSQL di website lain yang mendukung kedua bahasa tersebut dan menyisipkankan ke Blogspot melalui Iframe atau Javascript, karena lewat itulah blogspot bisa ditembus.

FORM SIGNUP adalah kelanjutan dari FORM LOGIN. Kalau Form Login digunakan untuk masuk ke akses ADMIN AREA maka Form Signup adalah fasilitas yang digunakan untuk mendaftar sebagai members agar bisa melakukan login untuk masuk ke akses ADMIN AREA.
Sedangkan ADMIN AREA adalah area yang digunakan untuk menata semua fasilias widget yang kita bangun.

Sebagai Catatan, ADMIN AREA nanti akan dibahas setelah tutorial FORM SIGNUP ini di Publish.

Pada kesempatan ini akan kami jabarkan cara membuat FORM SIGN UP (point 1 artikel FORM LOGIN PHP di BLOGGER) . Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  • Pastikan anda telah membaca dan menjabarkan artikel sebelumnya tentang PHP yaitu Membangun PHP MYSQL di Blogger, Webhosting Berbasis PHP, Hosting PHP di UEUO DOT COM, FORM LOGIN PHP di BLOGGER.
  • Buka http://www.ueuo.com/, Kemudian Login, (Lihat contoh gambar) .
  • Setelah Login dianggap sah, akan muncul jendela baru "Member Area" (Lihat contoh gambar). Klik tombol "File Manager" sehingga akan muncul halaman seperti contoh gambar ini. Pada Area FILE MANAGER cari fasilitas CREATE FILE/BUAT FILE BARU > isi dengan nama "daftar.php" kemudian submit (Lihat Contoh Gambar). Anda akan di bawa ke halaman textarea.
  • Isi Script berikut (lihat script daftar.php) pada textarea File Manager > tekan tombol Save > Jika eksekusi berhasil maka saat kembali ke File Manager akan terlihat seperti ini (Lihat Contoh Gambar).
  • Sekarang, untuk uji coba, kembali ke Form Login yang sudah anda buat pada artikel sebelumnya. Cari Link "SIGN UP", lalu klik, hasilnya kira-kira seperti ini (lihat gambar)
  • Silahkan dicoba sendiri untuk mendaftar, ingat jangan menggunakan email yang anda gunakan di script daftar.php, karena pada email anda akan terkirim dengan subject ME, karena anda yang mengirim sendiri. Gunakan Email anda yang lain. setelah diisi silahkan dicek pada email. (lihat gambar).
  • Cek phpMyadmin Anda, jika eksekusi berhasil pasti akan ada penambahan user pada table USER anda di phpMyadmin

Selamat Mencoba semoga berhasil. Tunggu artikel selanjutnya Tentang Admin Area dan Forgot Password

Related Posts by Categories



53 comments:

Anonim mengatakan...
berkunjung lagi mas..
Anonim mengatakan...
masih kurang ngeerti
Anomali Bisu mengatakan...
Ohh untuk admin area ya??kalau untuk bikin semacam member area, apakah blogspot mendukungnya???mohon penjelasannya...
Anonim mengatakan...
wah..akhirnya muncul juga form sign up..seep dah :)
Anonim mengatakan...
Mampir ah
Numpang nyari bahan
Anonim mengatakan...
Nice post..
saya akan mencoba menggunakan fitur ini untuk blog baru saya..
saya bookmark yach blog anad... thank's a lot :)
Anonim mengatakan...
Iya boleh juga ni mas tutorial PHP nya..sangat bermanfaat..ditunggu lanjutannya & tutorial PHP yang lainnya..
tiyo avianto mengatakan...
wah tambah keren ae nih infonya
Unknown mengatakan...
@rusakparah, fasilitas Members area, sedang dibangun di blog ini, Jika anda perhatikan pada sidebar kiri atas ada widget Member List itu adalah salah satu bagian fasilitas Members Area. Tutorialnya akan di posting setelah tutorial FORGOT PASSWORD, ADMIN AREA dan ADMIN SETTING BLOGLIST. Ditunggu aja.
Anonim mengatakan...
MANTAP boss
Anonim mengatakan...
Terima kasih dah singgah ditempat saya, blognya tambah cool aja nich.
Blogger mengatakan...
wah keren nih...
mas numpang nanya cara membuat berapa jumlah orang membaca 1 artikel kita tuh gimana ya?oti memakai php kan?
contohnya lht di http://hilman.web.id/
Anonim mengatakan...
berkunjung mas,tulisannya menambah inspirasi
Anonim mengatakan...
berkunjung mas,tulisannya menambah inspirasi
Anonim mengatakan...
makasih banget udah berkunjung ya...maaf baru bisa berkunjung hari ini.thx ya..
Anonim mengatakan...
absen pagi Mas!
Unknown mengatakan...
@Tukang Arsip, Sebenarnya counter artikel sudah saya buat sejak blog ini pertama kali dibangun (20 des 2008), tapi dalam bentuk statistik list, bisa dilihat linknya di MENU BLOG di SIDEBAR KANAN. Untuk membuat seperti punya hilman.web.id yang disisip di bawah artikel, belum pernah saya coba. Soalnya punya hilman sudah satu paket dengan blognya yang berbasis PHP, sedangkan di blogspot mungkin agak sulit karena blogspot tidak terang-terangan mendukung PHP MYSQL. Tapi nanti jika ada waktu saya mau coba-coba bereksperimen dengan ide itu. Thanks infonya
ItsUnMe mengatakan...
lam kenal........newb...neeh ajarin dunk....
Anonim mengatakan...
kunjungan pagi dg senyuman :)
Unknown mengatakan...
apa kabar imanmu hari ini
Ferdian Karambut mengatakan...
gila nih blog.. serba keren abis.... tampilannya keren, isinya keren, formatnya keren, menu-menunya keren.. yang punya juga keren..
Salam kenal ya om.. boleh kan nuntut ilmu disini.
Sukses terus ya om
kartolo mengatakan...
pagi mas gamal. wah, makin cemerlank aja nih mas gamal. Sukses deh projectnya..
jamal_XP mengatakan...
mas gamal!!pas saya coba sign up, kok e-mailnya gak terkirim??? lalu sy coba login kok gk bisa?

mohon bantuannya
Ferdian Karambut mengatakan...
oms.. saya coba masukin kode di daftar.phb stelah di enter keluar tulisan

Bad Request

Your browser sent a request that this server could not understand.

langsung deh garuk-garuk pala saya...
Ferdian Karambut mengatakan...
sori maksud saya daftar.php
terus soya coba copy paste apa adanya dr blog ini ke ueuo.. tapi ga bisa juga om
mohon pencerahannya dan thx infonya
admin mengatakan...
Ferdian karambut, hari ini juga saya lagi apdate di www.ueuo.com dan juga error persis sama dengan anda alami,oleh karena itu saya sarankan edit di notepad lalu kirim via upload file atau via FTP
Ferdian Karambut mengatakan...
om dah bisa yah.. thx bgt.. saya lagi trial sign innya.. ga bisa masuk mulu eui
Ferdian Karambut mengatakan...
om.. maaf saya banyak tanya , saya dah coba test untu sign up tap email konfirmasi pendaftarannya ga ada yaah terus gabisa login
tolong yah om
Ferdian Karambut mengatakan...
om maaf.. ternyata saya yang salah, ada kode yang kelwat.. sorry yah
dan thx banget buatilmunya yah om..
Ferdian Karambut mengatakan...
om, mo tanya lagi di blog ini abis login langsung muncul semacam psting baru yang berisi jadi diri kita dan bisa di close lagi..
buatnya gimana om
thx yaah
Ferdian Karambut mengatakan...
om abgamal, mo tanya.. kalo kita klik signup kan kluar window baru dari ueuo.com.. nah saya pengennya register itu masuk dalam posting area blogspot..
kira2 harus tambah scrip apa ya om.. saya coba semua tapi gagal terus..
tolong yah om
Anonim mengatakan...
koq nggak pernah bisa ya, setiap disave sll muncul kata ini"Bad Request

Your browser sent a request that this server could not understand."
Idiot Club Indonesia mengatakan...
Bad Request..!!!

kenapa yaa,,, tanggung nee,,.
Anonim mengatakan...
pak abgamal, koq sy cb berulang2 en sdh sy cek en ricek tetep aja gak bisa, yang keluar malah tulisan ini :

Warning: mysql_connect() [function.mysql-connect]: Access denied for user '--rahasia--'@'localhost' (using password: NO) in /home/sixtnweb/public_html/media/infosip/connect.php on line 2

Warning: mysql_select_db() [function.mysql-select-db]: Access denied for user '--rahasia--'@'localhost' (using password: NO) in /home/sixtnweb/public_html/media/infosip/connect.php on line 3

Warning: mysql_select_db() [function.mysql-select-db]: A link to the server could not be established in /home/sixtnweb/public_html/media/infosip/connect.php on line 3

memang koneksi.inc.php sy rename jadi connect.php tapi itu bkn mslh koq, soalnya smua jg sdh kuganti..

kalo mau lihat hasilnya, coba buka ini dan itu

sy buat 2 cm buat mastiin aja kode tambahanku slh ato nggak, tapi ternyata nggak bisa semua.. hikss.. mhn direply yg cepat ya sblm waktu pembayaran hosting en domainku, pdhl msh kosong lho webku (sixtein.web.id) klo bisa ke sini aja danielblogger_2k9@yahoo.com (ym jg g papa)
Anonim mengatakan...
ternyata bisa pak abgamal, ternyata koneksi.inc.php ato connetc.php-ku yg bermasalah. username dan password itu adalah username dan password dari cpanel soalnya sblmnya kukira username en password phpmyadminnya. hehe.. mo tes akh.. :)
Wafa mengatakan...
bang, saya masih bingung cara upload nya ke webhostnya itu loo :...
Anonim mengatakan...
mas, kok setelah aku coba, eh knapa setelah daftar dimail yang lain kok pesan yang mesti dikirim ke aku aku yang lain nggak bisa...!!???
suzaku mengatakan...
mas bantu saya dong....
masalahnya :
1.login pake admin ga bisa
2.sign up ga bisa ( ga confirm email) ama ga masuk mySQL
3. klo buat db dari mySQL lgs tetep ga bisa login
Indonesiana mengatakan...
Alhamdulillahhhhhhh!!!
Selama 5 jam membaca artikel blog ini, akhirnya berhasil... Rinci dan Akurat (itu bahasa burung, hehehe). Sudah banyak tutorial yang ku baca tapi belum pernah berhasil karena penjelasannya tidak se-keren di atas (Tapi form loginku masih kusimpan di bagian footer karena harus lengkap sebelum launching hehehe). Mantapppppppp. Terima Kasih Banyak....
firman susilo, A.Md mengatakan...
mas gimana klo memebuat login admin...untuk pendaftar baruu dan saat dia mendaftar maka email sama password meraka terkirim ke email kita...setelah itu baru mereka dapet balasan dari email kita...tlg dbantuuu
Dhanial Rizky mengatakan...
captcha tidak keluar gambarnya
nabillagroup mengatakan...
minta petunjuk untuk email konfirmasi yang tidak diterima ...

NB : blog ini sangat peduli kemajuan bangsa !!!
Bramasta mengatakan...
wah mas, kok gak bisa sih mas? email nya gak datang ke email saya... gimana nih mas jawab dong.. saya lagi butuh nich :(
nasrun mengatakan...
tolong Bantu ya mas,,
aku dah nyoba, tapi kok ga bisa,,
setingan koneksi.inc.phpnya gmn si? username, pass. dan db nya di isi apa?
terus waktu aku coba daftar ga ada konfirmasi ke email yang untuk daftar? gemana?
ADMIN mengatakan...
gan,,saya udah coba,,tp kok pas saya coba di form sign up gak bisa ,,ada tulisan begini (url salah)

Gimana nih gan?
wawan mengatakan...
yah kok nggak tampil sih .........................
emang punyaku kurang sesaji apa yah..............
kurang menyan kali yah???????????????
juragan toloooooooooong bantuin......

untuk postingannya aku acungin jempol 10.
wawan mengatakan...
ok juragan akhirnya dapet juga form login nya, meskipun masih ada error pada kirim.php line 6.
ternyata nggak semua hosting bisa dipanggil pakai java.(itu pengalamanku entah kalau aku yang salah).
thanks buuuuuanyak juragan............
seo melbourne mengatakan...
A well written post, I simply given this onto a colleague who was doing somewhat analysis on that. Pretty nice post really on the MyBlog. Keep it up this great blog. Thanks for it.
Nyko mengatakan...
sukses 100 % saya menggunakan tutorial ini, asal kan sabar dan teliti... blog ini sangat bagus...asalkan kita ikut baca tutorial dari awal langkah demi langkah...pasti bisa...webhosting server kadang lambat loading untuk upload php jadi intinya sbar dan teliti.
Lifestyle mengatakan...
binggung gan
Kelasmat mengatakan...
bs jd inspirasi nih.. tp msh bingung mau mulai nya dr mn.. gunanya tuk apa.. soalnya msh blom punya brand yg bisa diandalkan. Hnya br bisa maen blog sederhna aja .
Link DANA Kaget mengatakan...
Top markotop gan
Link DANA Kaget mengatakan...
Sama gan

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH