Loading ... ... Please wait!

Rabu, 18 Februari 2009

Membangun PHP MYSQL di Blogger

Apa kelebihan WORDPRESS dibanding BLOGGER. Meskipun tidak terlalu familiar dengan wordpress tapi kata beberapa kawan yang juga wordpress mania, di WP banyak sekali plugin yang bisa kita gunakan untuk memperindah blog. Karena penasaran saya coba-coba perhatikan saat kawan ini menggunakan plugin yang digunakan. Ternyata rahasia kehebatan WP di banding BlOGSPOT adalah terletak pada webprogram yang digunakan. WP sangat support dengan Program PHP sedangkan BLOGSPOT tidak, maka banyak para webproggramer mulai menciptakan plugin-plugin WP dengan bahasa PHP.

PHP merupakan bahasa program interaktif yang sangat universal digunakan oleh rata-rata webportal diseluruh dunia, bahkan mungkin oleh blogger.com sendiri. Hanya mungkin Blogger dalam kapasitas ini, tak ingin memfasilitasi para membersnya untuk memanipulasi blog mereka dengan bahasa PHP, berbeda dengan WP.

Entah sampai kapan BLOGGER.COM bertahan dengan pemikiran seperti itu. Banyak webprogramer akhirnya kecewa dan lebih memilih WP untuk berimprovisasi dengan blog. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada lubang sama sekali. Jalan satu-satunya menyisipkan basis PHP ke Blogger.com adalah melalui fasilitas IFRAME. sebenarnya memanfaatkan Iframe untuk tujuan tersebut diatas sangat-sangat tidak menyenangkan, tapi mau gimana lagi dari pada tidak ada sama sekali.

Apa yang bisa kita buat dengan PHP ??. Banyak, sebagai contoh sederhana
- Membuat Members Online
- Membuat Form login
- Mengetahui siapa member yang lagi online
- Membuat Buku Tamu/Shoutbox
- Membuat Statistik
- membuat Hit counter
- Membuat Admin management
- Membuat Upload file
- Membuat Download file
- Membuat PDF

dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
Tapi karena blogger.com tidak support, kita harus menggunakan web hosting lain yang berbasis PHP dan MySQL.

Untuk langkah pertama ini, jika anda berminat silahkan buat account di webhosting lain yang berbasis PHP & Mysql. Saya anjurkan, daftar di http://www.ueuo.com. Selain gratis, kita juga mendapatkan cpanel lengkap dengan file manager dan database Mysql with PHPMYADMIN

Ikuti terus blog ini untuk membuka tabir dahsyatnya PHP MySql. Hanya jika anda memang ingin total di internet, mulailah paling tidak belajar sedikit dasar-dasar bahasa HTML murni. Karena jika tidak. Tak ada gunanya anda baca artikel ini dan kelanjutannya. Hanya membuat kepala anda pusing dan mual.

Bersambung ...

Related Posts by Categories



43 comments:

iFant mengatakan...
Nah ini yang saya cari...!!
Berpikir dan Berjiwa besar mengatakan...
oke deeee, kerennn bang
Berpikir dan Berjiwa besar mengatakan...
wow hebat yaaa artikel artikelnyaaa
Anonim mengatakan...
oke bro... menanti terusan tips nya...
seneng sekali rasanya
priandhani mengatakan...
bisa aja bikin orang penasaran...

btw, kalo WP itu blom men-support plugins untuk flash ya? soalnya, akun saya yang di blogdetik.com (kek nya masih turunan WP), gak mau nampilin embedd dari youtube...

butuh pencerahan nih...

:)
Lubis mengatakan...
mantep mantep
Anonim mengatakan...
hy.... visit night... gud blog... "Go BLOG" in yo'r scream....
Anonim mengatakan...
oke, q tunggu sambungannya....
Anonim mengatakan...
Thank boz tuk infonya....
Anonim mengatakan...
top habisss...saya banyak kopas disini....tks..info2 gressnya...
Anonim mengatakan...
Wah... sepertinya akan menarik nih...
Anonim mengatakan...
sambungannya jangan lama2 ya
penasaran nih
Anonim mengatakan...
Infonya bermutu dan penuh inovasi, ditunggu artikel selanjutnya..

Thank. :)
Anonim mengatakan...
infonya sangant bagus, terutama untuk kalangan pendidikan, thanks ya.

Saya mohon bantuN BOSS, gimana buat kotak login punya disitu (bagian kiri atas di layar)
thanks
Unknown mengatakan...
itu satu contoh aplikasi PHP & MYSQL di Blogger. Secara bertahap akan di representasikan di blog ini. Tunggu saja
Anonim mengatakan...
Bagus mas, jadi ada inovasi..
Btw, mas tahu gak, kata orang bisnis di internet itu harus mahir bikin jaringan, emang sih ga salah2 amat, tapi tanpa bikin jaringan pun kita masih bisa punya penghasilan sekitar Rp.7,5 juta s/d 375 juta lho mas, beneran...!. Kalau mau tahu caranya, main aja ya ke situs aku mas, silakan...!
Anonim mengatakan...
abis minum jus, langsung blogwalking d
Unknown mengatakan...
wah WP ternyata lebih okey yup
ayuzuricha mengatakan...
terusin dunk mas,lanjutannya apa :)
Linda mengatakan...
berkunjung siang disini....
Anonim mengatakan...
Sip... teruskan tips nya ya... saya tunggu...
Anonim mengatakan...
kembali datang :) nice tips sob...
Rekomendasi Saham mengatakan...
Nice Article... :D
Anonim mengatakan...
mampir balik lg nh...
JC'z Blog mengatakan...
kl menyisipkan program berbasis php di wordpress .., gmn caranya ??
kl bloggger ga bisa y??

thq b4
Anonim mengatakan...
meskipun lebih enak di utak atik blogspot sebetulnya nggak kalah juga kok untuk segi seo

tapi artikel ini sangat membantu saya mas thank's yach
Anonim mengatakan...
yah bersambung kayak sinetron aja. Aku tunggu artikelnya nih,
Anonim mengatakan...
nice blog...
Anonim mengatakan...
Kebetulan sekali, saya lagi belajar PHP & mysql. Jd pengen nyobain jg nih mas.....
Anonim mengatakan...
ada sumber yang mangatakan kalau webprogramer kecewa ama blogspot.com ndak pak?

http://www.blogger.com/terms.g
alhiko mengatakan...
thanks infonya, Ini blog menarik & manfaat. Gimana ya bikin running text dibwh layar ini ya?
remoxp mengatakan...
mas.. saya pengguna blogger baru.. saya menggunakan domain co cc kemudian saya pakai 000webhosting. saya juga sudah mensetting dns managenya ke server webhosting. yang mw saya tanyakan kenapa blog saya jadi g bisa tampil?? yang ada hanya kalimat index of??? sekarang settingnya sudah saya ubah ke zona record lagi..
saya harus gmana mas biar bisa menggunakn webhosting tapi blog saya bisa tampil??? apakah ada pengaturan nya lagi???
mohon bantuanya..
admin mengatakan...
REMO_XP, blognya di buat di 000webhosting atau di blogger.com. Jika di 000webhosting, domain co.cc akan memanggil otomatis ke index.php atau index.html di 000webhosting, jika belum buat indexnya di 000webhosting kalimat index of akan keluar.
Anonim mengatakan...
Dari dulu aku cari yang beginian. Hampir aja kepikirang bli host sendiri, eh da yang gratis. Mkaaaasih buanyakkkk. Sebenernya aku cuma pingin blajar PHP. Jadi sebenernya aku belum mahir PHP..hehhehehe
pundi-uang mengatakan...
Ikutan belajar ya Bang, mudah2an ga jadi pusing and mual. Trim's utk ilmu2mya.
SAPTA DEWA mengatakan...
hallo mazter gamal...mau tanya ni?
gmn cara memasukan formulir daftar.php nya ke blogger.soal nya klw kita klik sing up di kolom login pazti dia keluar dari blogger...contohny seperti edit profilny...yg bisa terletak di member area...mohon jawaban nya Mazter...ditunggu..trima kasih
KUDUS LESTARI mengatakan...
NIh blog sangat berguna sekali terima kasih >>>
KUDUS LESTARI mengatakan...
caranya buat ( link . pesan . tulisan ) yang hanya dapat di lihat saat member sudah login gimana >> di blog >. tolong bantuannya > kirim ke email : frazz@ymail.com
Sitakom Blog mengatakan...
gan,, bisa minta script template nya nda??
dan yang di ubah2.
kasih tutorialnya.,.!!

^^
sitakom.blogspot.com
Aqiqah mengatakan...
Mantab..mantab info nya..:)
Alat Bantu Dengar mengatakan...
sukses selalu dengan infonya sangat menarik sekali dan mantap.lam kenal aja kunjungan perdananya.maju terus........
Aqiqah Murah mengatakan...
Kunjungan pertamaku :D
Salam kenal mas..
Mohon bantuannya yahh :D
Kunjungi blog saya y:)
Aqiqah Tangerang Jasa Aqiqah
foto wedding mengatakan...
mangtab impohnya

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH