Loading ... ... Please wait!

Kamis, 12 Februari 2009

Navbar Blogger

Navigation Bar atau disingkat NAVBAR, semua yang bermain di blogger.com pasti sudah mengenalnya, selalu dipasang pada bagian top halaman blog. Jika kita lihat, navbar hanya semacam layar widget yang berisi fasilitas searching blog,input account, create blog baru dan informasi tentang content yang dilarang. Selebihnya navbar hanyalah suatu layar yang sebagian orang kurang sreg dan kurang nyaman melihat kehadirannya diblog. Mungkin ada yang sepakat dengan saya dan mungkin juga tidak, bahwa navbar tidaklah penting bagi kita pengguna blog dan keberadaannya malah terkesan mengganggu style dan template blog. Untuk membuktikan hal tersebut, saya coba searching ke blogsearch google dan menuliskan kata kunci NAVBAR. Dari hasil pencarian, tak ada satupun postingan yang mengiyakan kalau navbar itu penting. Hampir semua tulisan, temanya sama, bagaimana cara menghilangkan Navbar.

Masalahnya barangkali adalah bahwa Navbar merupakaan bawaan Blogger.com yang harus selalu ada disetiap blog, navbar menunjukkan icon citra blogger itu sendiri. Wajarlah, karena blogger menyediakan tempat untuk kita secara gratis dan barangkali kita hanya perlu sedikit tahu diri. Sialnya karena saya dan termasuk rekan-rekan blog yang dengan sengaja menghidden navbar tersebut mungkin termasuk yang tidak tahu diri.

Yang jadi pertanyaan adalah kenapa blogger.com membiarkan para penggunanya leluasa menghack navbar tersebut. Faktanya begitu, belum pernah ada satupun blog yang di banned hanya karena menghidden sebuah navbar. Tapi jika kita jeli mencermati, menghidden atau menyembunyikan navbar bukan berarti menghilangkan. Itu 2 pengertian yang berbeda. Menyembunyikan (hidden) navbar berarti tetap memanggil navbar saat browser diloading sehingga otomatis tetap mengurangi bandwith, hanya saat halaman blog loading lengkap, dengan sedikit perintah script stylesheet CSS navbar bisa disembunyikan. Berbeda dengan menghilangkan navbar. Menghilangkan navbar berarti memblock loading navbar saat browsing blog. Tehnik blocking ini dulu sering digunakan hacker saat membuat web gratisan di geocities dan tripod. Karena gratis, penyedia web gratisan tersebut sudah tentu menyisipkan Iklan banner pada setiap webspace yang diberikan secara gratisan. Oleh Hacker, Iklan tersebut diblock. tapi tidak lebih dari satu bulan kemudian webspace tersebut langsung di banned.

kalau begitu bisakah navbar diblog. Sepanjang pengetahuan saya, sampai saat ini belum pernah ada programer jagoan yang berhasil membuat script blocking navbar, kalaupun ada, apa gunanya?, malah blogger.com bisa berubah sikap dari yang begitu pemurah menjadi pemarah dan blog kita bisa terancam dibanned jadinya.

Ada yang unik dari navbar blogger. Jika anda membuka account di blogger.com > tata letak > edit html, jangan mimpi bisa dapatkan tag script html navbar, tapi jika anda membuka blog di jendela baru > view > page source >, script navbar baru muncul seperti ini

<iframe src="http://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID=159448502901129649&amp;blogName=MyBlog&amp;publishMode=
PUBLISH_MODE_BLOGSPOT&amp;navbarType=BLUE&amp;layoutType=
LAYOUTS&amp;homepageUrl=http%3A%2F%2Fabgamal.blogspot.com%2F&amp;searchRoot=http%3A%2F%2Fabgamal.blogspot.com%2Fsearch" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" frameborder="0" height="30px" width="100%" id="navbar-iframe" title="Blogger Navigation and Search"></iframe>

Secara umum WEB BROWSER hanya mampu membaca script yang ditulis dalam bahasa HTML atau XML. Jika ada bahasa lain, maka biasanya web browser akan mengkonversi ke bahasa HTML juga. Bahasa web yang ditulis berbasis PHP dan ASP tidak akan terbaca pada source code html. Nah trik inilah yang digunakan oleh server blogger agar apapun yang anda acak pada tag html tidak akan bisa menghilangkan kode navbar.

Tapi tak ada gading yang tak retak. Kesalahan fatal dari blogger yang mungkin dianggap sepele oleh mereka adalah, memberi id pada iframe script navbar diatas (yang ditandai dengan warna merah). Keberadaan id tersebut merupakan makanan empuk buat Stylesheet CSS maupun Javascript untuk membuka peluang navbar tadi di acak-acak. Sehingga para hecker beranggapan jika tidak bisa menghapus navbar tak mengapa, asal bisa menyembunyikannya pun juga sudah oke. akhirnya munculnya beragam script-script didunia maya, trik untuk menghidden navbar.

Yang umum digunakan dan paling banyak dijadikan tips dan trik para blogger sepanjang pengetahuan saya adalah merekayasa stylesheet css nya, seperti contoh dibawah ini

CARA PERTAMA MENGGUNAKAN STYLE VISIBILITY dan DISPLAY

#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none
}

Ket : script diatas disisip persis diatas tag ]]></b:skin>

Padahal jika jeli, banyak cara lain yang juga bisa digunakan

CARA KEDUA MENGGUNAKAN MARGIN TOP MINUS

#navbar-iframe {
top-margin:-30px;
}

Ket : script diatas disisip persis diatas tag ]]></b:skin>

CARA KETIGA MENGGUNAKAN FILTER OPACITY

#navbar-iframe {
opacity: 0.0;
filter: alpha(opacity: 0);
}

Ket : script diatas disisip persis diatas tag ]]></b:skin>

CARA KEEMPAT MENGGUNAKAN WIDTH dan HEIGHT 0 px

#navbar-iframe {
height:0px;
width:0px;
}

Ket : script diatas disisip persis diatas tag ]]></b:skin>


Jika menggunakan JAVASCRIPT, hampir mirip, tag scriptnya agak berbeda

<script>
function navbar()
{
document.getElementById("navbar-iframe").style.display="none";
document.getElementById("navbar-iframe").style.visibility="hidden";
document.getElementById("navbar-iframe").style.height="0px";
}
</script>

pada tag <body> sisipkan script berikut onload='navbar()' sehingga menjadi

<body onload='navbar()'>

Silahkan mencoba, terserah mana pilihan anda, bahkan dengan tehnik diatas bukan hanya dapat menghilangkan navbar, memodifikasi navbar sedemikian rupa pun bisa. Silahkan asah sendiri kejelian masing-masing. Tapi jangan lupa temuan baru harap dibagi-bagi.

Related Posts by Categories



21 comments:

suryaden mengatakan...
hadoh.. itu sulit sekali ya kang...
Denny Van Chi Penyok mengatakan...
pagi Bos!
Betul bgt isi blog lw bisa nambah pengetahuan gw ttg dunia perblog-an
maklum gw otodidak
jd msh banyak yg harus gw pelajarin
Thhxs
Anonim mengatakan...
mas scripnya dikasih kotak lagi dong.. biar enak di liatnya....
boyke satria negara mengatakan...
terimakasih atas segala informasinya yang sangat berguna dan sudah saya terapkan. Walau kadang saya kesulitan sesuai dgn info yang ada.

Tks
priandhani mengatakan...
makasih yah mas, dah mampir...
rajin juga yah blogwalking.... :)

kalo saya mah ilangin navbar-nya pake template baru aja!
tapi waktu itu pernah nyoba juga, waktu baru2 ngeblog...
ternyata caranya banyak yak?!
tovarossi mengatakan...
thank infox sob, lam kenal n lain waktu kunjungi gubugq ya...
Adhie mengatakan...
Thanks for your information....
bdh mengatakan...
hmmm pecas ndahe aku :-)
erwinyustiawan mengatakan...
bingung saya bacanya..hehehe
Mawar mengatakan...
Salam kenal, thx infonya :)
taxmania mengatakan...
kenyang abis makan siang..skr saatnya menyapa sahabat2 blogger..mudah2an pada fine2 semua yaa..:thumbsup:
IHSAN mengatakan...
luas sekali ilmunya boss
saya saja hanya tahu satu cara
eeeeh si Boss tahu banyak cara
thanks ya Boss
MANTAP !
karila mengatakan...
makasi dah mampir :)
- s L i K e R s - mengatakan...
Sepertinya sulit, hihihih..
rayv31 mengatakan...
im here again ;)
Anonim mengatakan...
SIIP...
SeMoga BiSa BerManFaat mengatakan...
JaaH hMpiR sama'ny kanG tmplate na. . .he3X
rina mengatakan...
halo... mampir balik lagi...
' Li ' mengatakan...
berkunjung dihari jumat....
penchenk mengatakan...
Kunjungan di hari Kamis
Amree mengatakan...
menu yang ada di samping, yang bisa keluar-masuk itu namanya apa sich?? cara buatnya gmn???

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH