Loading ... ... Please wait!

Sabtu, 31 Januari 2009

Widget Menu

Mungkin sama juga dengan anda, yang memiliki hobby BLOGWALKING. Saat berkunjung ke Blog seseorang, apalagi blog yang baru pertama kali dikunjungi. Yang Pertama terpikir oleh kita adalah "KETUK PINTU" (istilah yang saya gunakan untuk menyapa pemilik blog dengan menoreh sepatah dua patah kalimat pada ShoutBOX sebagai salam perkenalan). Tapi dimanakah gerangan posisi SHOUTBOX tersebut ???. Pada beberapa blog ada yang menempatkan posisi SHOUTBOX pada sisi atas dengan ukuran layar yang besar, sehingga tidak sulit untuk mencarinya. Tapi ada juga yang menempatkan pada posisi paling bawah, malah ada yang menaruhnya terselip kecil diantara widget-widget lain, sehingga menyulitkan kita mencarinya.

Saya anggap itu sah-sah saja. Setiap orang memberi kesan yang berbeda terhadap beragam widget yang dipasang pada blog. Disatu sisi ada yang menganggap widget A sangat penting dan widget B tidak terlalu penting sepenting widget B. Misalnya Orang yang suka mengekspresikan diri lebih senang menonjolkan widget slide ALBUM FOTO ketimbang widget lain. Yang Hobby Jejaring Sosial lebih suka dengan FOLLOWER dan BLOGROLL dan yang suka cuap-cuap sudah pasti FORM KOMENTAR atau SHOUTBOX jadi andalan. Masalahnya selera kita kadang tidak sama dengan selera pengunjung. Ketika kita memutuskan untuk bergabung dengan globalitas dunia BLOG. Terima atau tidak, indikator tingginya Traffik Kunjungan adalah tujuan yang dikejar hampir semua pengguna blog. Dan hanya satu tips yang diamini semua pemilik blog "MANJAKANLAH PENGUNJUNG". Salah satu Trik memanjakan pengunjung adalah "ramaikanlah Blog dengan berbagai fasilitas WIDGET".

Muncul Masalah. Mana diantara Widget tersebut yang jadi andalan untuk menarik hati pengunjung. Mengandalkan sebuah widget berarti membuatnya lebih menonjol dibanding widget lain dengan harapan ketika berkunjung, mata pengunjung pertama kali langsung melirik widget tersebut. Cara yang paling lazim digunakan adalah menempatkan pada sisi atas BLOG atau memodifikasi sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pengunjung, misalnya dengan membuat layarnya lebih besar, membuat animasi MARQUEE, BLINK, SLIDE IN, atau FLOATING. Tapi sayangnya kita tetap tak bisa memuaskan semuanya. Pengunjung datang dengan berbagai karakter dengan selera yang berbeda-beda.

Saya mempunyai satu trik untuk mengatasi hal tersebut, meskipun trik ini juga tidak menjamin bisa memuaskan hati pengunjung. Tapi sekedar untuk tambah-tambah ilmu. Tak ada salahnya. Trik ini saya beri title WIDGET MENU. Ide ini muncul saat saya berkunjung ke sebuah Rumah Sakit Besar dengan berbagai sub spesialisasi. Tujuan saya adalah ke bagian Laboratorium untuk ambil sample darah. Karena ruangannya banyak, saya jadi bingung saya harus jalan ke arah mana, Ke kanan atau kekiri atau keatas atau kebawah untuk menemukan bagian laboratorium. Karena bingung saya pikir saya harus ke depan ke bagian informasi untuk menanyakan. Nah belum sempat bertanya, dihadapan saya, didepan, diserambi RS sudah terpampang besar FLOW CHART (alur pelayanan). Saya urung bertanya dan coba ikuti petunjuk flow chart tadi. Akhirnya ketemu juga tanpa harus bertanya.

FLOW CHART itulah yang saya jadikan ilustrasi WIDGET MENU. Pada prinsipnya WIDGET MENU adalah membuat Menu yang berisi link judul/title semua widget yang kita punya dan menempatkan pada posisi terdepan/teratas. Atau menempatkan pada posisi yang di anggap strategis untuk dilirik pengunjung pertama kali. Dari Link MENU WIDGET tersebut pengunjung bisa menggunakan "JALUR CEPAT" menuju ke sasaran widget yang ingin di tuju. Tinggal Klik langsung "JUMP" ke widget tersebut.

Tehnik membuat WIDGET MENU

Buatlah WIDGET FOCUS semua Widget anda. Caranya bisa anda lihat di artikel WIDGET FOCUS

Setelah itu membuat menu link untuk widget-widget tersebut. Misalnya

MENU WIDGET

<a href="#blogarchives">BLOG ARCHIVES</a>
<a href="#bloglist">BLOG LIST</a>
<a href="#stat">SITE STATISTIK</a>
<a href="#topkom">TOP KOMENTAR</a>
<a href="#fontstylesetting">FONT STYLE SETTING</a>
<a href="#followers">FOLLOWER</a>
<a href="#labelcloud">KATEGORI</a>
<a href="#tagboard">MEDIUM KOMENTAR</a>


Contoh:

MENU WIDGET


Setelah itu posisikan pada posisi yang paling tepat menurut anda paling strategis untuk menarik perhatian pengunjung atau buat trik khusus agar mudah jadi perhatian.
Kalau saya sendiri menggunakan trik Javascript "ALWAYS ON TOP" untuk menyimpan WIDGET MENU. Dengan Trik ALways On Top, dimana pun posisi layar di scroll MENU WIDGET akan tetap muncul pada posisi teratas.

LIHAT CONTOH Menu "JALUR CEPAT". Menu JALUR CEPAT adalah hasil modifikasi WIDGET MENU yang menggunakan Javascript ALWAYS ON TOP

Related Posts by Categories



23 comments:

iFant mengatakan...
Komen dulu ach... Sebelum baca
MaxiMize_13 mengatakan...
mo baca-baca akh"""gantian ya koment'y"hehe
Amboeradoel Camp | Fanotti mengatakan...
Premisi.. premisi.. numpang baca-baca...
Anonim mengatakan...
Sore mas...Saya suka bnget ngisi comment di sini soalnya shout box nya keren hehe..cheers...
Anonim mengatakan...
mampir mas liat yg unik unik :D
faiz-alikhwan mengatakan...
gi man bang cara buat menu sisi yang ada di smping abang tu tapi gunakn foto kita?
www.faizthesucces.blogspot.com
Anonim mengatakan...
wah... bagus tuh mas bisa irit tempat...
luangus mengatakan...
bagus banget artikelnya mas!! info bagus!!buat new bie!
Anonim mengatakan...
artikel kereen,..mantab mas...!!
Anonim mengatakan...
numpang baca juga ya
Anonim mengatakan...
Walking-walking juga Om
m Aji mengatakan...
Pagi - pagi dapat bacaan bagus...
Anonim mengatakan...
wah mantep mas... bisa jadi inspirasi baru...
Anonim mengatakan...
mas dah coba belum yang ini... wah kayannya harus di coba nie lumayan
Unknown mengatakan...
halo halo.. salam kenal :)
numpang baca ya.. walau agak beda pendapat tapi lumayan nih buat nambah pandangan!!!

nice!!
Anonim mengatakan...
berkunjung...
edy mengatakan...
thank infonya aku masih rada bingung, code ( a href http://.... ) untuk langsung me link ke label misalnya. on blog, thanks infonya.

Nice Artikel.

energiotak
LordSomenk mengatakan...
wow ini yang dicari wekekekkek

thanx
then mengatakan...
waduh...mumet mas, kalo mau baca, banyak yg menarik... bakalan betah disini ne :)
OnnieBOX mengatakan...
coba ah
Aqiqah murah mengatakan...
Kunjungan pertamaku :D
Salam kenal mas..
Mohon bantuannya yahh :D
Kunjungi blog saya y:)
Alat Bantu Dengar mengatakan...
sukses selalu dengan infonya sangat menarik sekali dan mantap.lam kenal aja kunjungan perdananya.maju terus........
zewDsignet™ mengatakan...
Mantab`bng..!!
jngan lupa`edd saya.

http://lunatic-84art.blogspot.com/

:D

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH