Loading ... ... Please wait!

Selasa, 13 Januari 2009

Membedah Blogger

Saat kita membuka account di blogger.com, perhatikan menu disebelah kanan, terdapat menu seperti terlihat pada gambar. Jika anda berpikiran kritis, ada apa dengan blogger.com menyediakan fasilitas buat blog lagi padahal dengan satu blogpun sudah cukup. Uniknya lagi, Jika link itu di klik, kita akan diminta memasukkan alamat baru, 2-3 langkah. Selesai. sangat-sangat praktis dan tak perlu membuat account baru seperti saat mendaftar pertama kali.

Tapi jika kita cermati lebih dalam, mungkin informasi dibawah ini bisa menjadi salah satu alasan.

Berbeda dengan WEB seperti Geocities atau Tripod atau ratusan penyedia free web space lain. Blogger.com hanya menyediakan 1 file saja untuk kita, tak ada fasilitas create file seperti yang lain-lain. Ibaratnya ketika free web host lain menyerahkan setumpuk buku file yang bisa kita tata dengan baik, blogger hanya menyediakan 1 lembar file dimana dalam 1 lembar file itulah kita tumpuk semuanya.

Satu contoh kasus,
seorang dokter yang memiliki hobbi komputer membuat sebuah blog bertema medis, anggaplah alamat blognya http://yangberbaumedis.blogspot.com, setelah 3-4x postingan medis, tiba-tiba postingan ke 5 judulnya lari ke tema komputer. Pada postingan ke 6-7berubah lagi jadi tema bisnis online, karena palestina bergejelok, postingan ke 8 berubah lagi jadi tema politik. Postingan ke 9 koq ada puisi, ke 10 ada lirik lagu. Ini Pasar atau apa.

Blogger.com sebenarnya sudah menyarankan kita untuk mengkategori setiap postingan yang kita buat sesuai label thema. Sayangnya Blogger lupa atau barangkali ogah menyiapkan satu fasilitas option, dimana ketika membuka alamat blog kita pertama kali yang terbuka adalah sesuai kategori yang kita inginkan. Yang ada adalah sesuai waktu postingan dimana postingan terakhir akan ditempatkan pada headline halaman dan berurut kebawah. Realistis saja, orang lebih tertarik melihat halaman depan blog kita dibanding mencari link sesuai kategori. Kalau pada tampilan pertama, blog kita sudah seperti kayak pasar kearah mana pembaca kita akan kita bawa. Seperti pada contoh kasus diatas, Alamat blognya bertema medis, isi blognya berisi informasi yang tak ada arah.

Sah-sah saja memang sebuah blog mengakomodir semua itu. Tapi bukan kah lebih smart kelihatannya, jika misalnya ditata lebih apik bukan dari file yang sama tapi dari file yang lain. Misalnya lembar file pertama adalah file utama yang tampil pada headline sesuai tema utama blog. Lembar file ke 2 tentang komputer, lembar file ke tiga tentang unek-unek dst, sehingga ketika pengunjung datang pertama kali, nuansa blog kita sudah terasa ada kesan, Ohh ini blognya komunitas medis, komunitas bisnis, komunitas komputer dll.

Nah karena blogger.com tidak menyediakan fasilitas create file tapi hanya monofile. Gak ada salahnya menggunakan fasilitas link BUAT BLOG tersebut sebagai pengganti create file seperti yang terjadi pada free hosting lain. Jadi seperti contoh kasus diatas. Jika ada 3 tema, buatlah 3 blog dengan masing-masing tema dan anggaplah blog-blog tersebut sebagai file-file tambahannya,contohnya

1. http://yangberbaumedis.blogspot.com,
2. http://yangberbaukomputer.blogspot.com
3. http://yangberbaubisnisonline.blogspot.com
4. http://yangberbausaya.blogspot.com

dst-dst, seribupun anda mau buat, omm blogger kita ini, tak akan marah bung
Tapi khan gak lucu dong mengelola banyak blog. Berapa jendela windows yang saya harus buka setiap hari untuk memonitor blog tersebut. Capek dong jadinya.

Nah disinilah dibutuhkan satu trik khusus. MEMBUAT BLOG DALAM BLOG. Maksudnya dalam satu blog induk terdapat blog-blog lain yang disisip ke blog induk, sehingga anda seolah-olah membuka satu blog, dan blog-blog lain punya kesempatan dibuka oleh pegunjung tapi tetap didalam halaman blog induk tersebut. Seperti web pada umumnya, kita tinggal membuat MAIN MENU bisa dalam bentuk topbar maupun sidebar.

Penjelasan secara detailnya, tunggu artikel saya yang lain di BLOG DALAM BLOG

Related Posts by Categories



16 comments:

suryaden mengatakan...
betul mas, setuju dan ternyata banyak juga yang melakukan hal ini, pas BW trus koment trus baca-baca eh kok suah lain blognya... bagus... sip..
frizzy mengatakan...
Inspiring posting sob, memang biar gak bingung kita harus mengkategorikan blog kita.
Nah buat yang masih pada bingung, mampir2 ke tempatku yaa. Frizzy's Relaxing Articles Spa, artikel2 buat baca2 santai...

Cheers, frizzy2008.
a mengatakan...
hmmm jelas bgt nih,,
iFant mengatakan...
Emang dari dulu kenapa tak seperti kaya Worpress yang bikin Halaman. Tapi terkadang terhapus oleh kata khan gratisan, tapi tak membuat ku merasa lega. Soalnya WP juga ada yang gratisan, tepap pake halaman.
Namun untuk sekarang saya mencoba menutupi masalah tersebut dengan menggunakan hosting gratisan kayak nge-gabung domain dengan penambahan lagi Alias records kayak http://frenz.poetrymania.co.cc/ atau dengan penambahan 1 setelah www, kayak http://www1.poetrymania.co.cc/, yang jelas bisa menutupi.

Saya tunggu info selanjutnya mengenai Blog in Blog
Didiet mengatakan...
di tunggu nech mas artikel BLOG DALAM BLOG
Atca mengatakan...
Makasih sudah berkunjung ketempatku...wahh emang bener..disini mengupas rahasiablog...bermanfaat banget nihh.
debrian mengatakan...
wah blog di bedah..heee
NAdia mengatakan...
Ini yang saya cari !!!, makasih infonya!!!
david mengatakan...
wah ini info yg menarik
IHSAN mengatakan...
MANTAP amalisisnya boss
banyakin lagi yang kaya ginian
boeedi mengatakan...
Mantap ne maz... eh sorry banget.. kok komentarnya di "nofollow" sih? sorry banget loh..
budiawanhutasoit mengatakan...
wah..baru tau nih..tiap kali mampir ke sini pasti dapet 'pencerahan'..thanks ya
Abdul Gamal mengatakan...
sengaja di "nofollow", mengubahnya menjadi rel="follow" atau menghilangkan rel nya malah membuat Robot pencegah spam di Blogger mengindentifikasi sebagai ancaman spam potensial. Kami tidak gegabah, sebelum menemukan trik yang lebih save, cara tersebut bisa berakibat blog ini diblackout, karena dianggap melanggar aturan.
Amar mengatakan...
wah....kerenz ni...kira-kira kapan mas artikel berikutnya yang ngebahas ni trik...

he..he....udah ga sabar nih...maklum masih belajar...jadi pengen tau aja bawaannya

^_^
edi-setiawan mengatakan...
blog nya oke banget mas, tapi butuh waktu lama untuk aksesnya.(mungkin pas ada trouble kali pade speedy ku ). kalau boleh menyarankan, perbaiki loading blog mas ,biar lebih cepat diakses. Mungkin karena otomatis script jalur cepat and marquee start xp.

Ini hanya sebuah saran, thanks for your artikel.
energitak.
admin mengatakan...
@edi-setiawan, thank atas sarannya yg sangat bermanfaat, loading lambat berasal dari isi Marquee yaitu 20 komentar pembaca yang di load dari feed comment. Javascript Marquee, Jalur Cepat dan Start XP, kemungkinan kecil karena mainnya cuma di Computer client bukan di Server Side

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH