Loading ... ... Please wait!

Kamis, 22 Januari 2009

Kekuatan Blogwalking

Sambungan dari artikel TENTANG BLOGGER LAGI

Mungkin kita pernah mengalaminya, saat pertama kali membuat blog, dan sudah yakin bahwa blog yang kita buat begitu komplit, lumayan oke dan kemudian di Publish. Setelah hari berganti minggu dan minggu berganti bulan ternyata blog kita sepi pengunjung. Kenapa ?

Ketika kita hadir didunia maya ini dan memutuskan untuk membuat blog, mungkin awalnya kita sudah cukup puas dengan menulis dan mengekspresikan diri lewat blog, tapi karena dunia internet adalah dunia saling berinteraksi tidak mungkin kita hanya cukup berlocal hero sendiri, desakan dari rasa INGIN TAHU dan INGIN DIKETAHUI memaksa kita harus membuka diri dan melakukan BlogWalking [Kunjungan Blog].

Jika sampai saat ini anda belum mengerti trik bagaimana berinteraksi antar blog, barangkali tips berikut cukup membantu.

Buka google.com, pilih link "blog", isi form pencarian dengan kata kunci "blog". Maka google akan menghadirkan ratusan blog yang sedang uptodate, anda tinggal memilih blog mana yang harus anda kunjungi. Bukan itu saja, Google juga memberi kemudahan mencarian blog terupdate "JAM TERAKHIR", "12 JAM TERAKHIR", "HARI TERAKHIR", "MINGGU LALU", dan "BULAN LALU". Tinggal anda menggunakan akal sendiri mana blog yang sebaiknya diprioritaskan untuk di kunjungi.

Dan etika yang bagus saat blogwalking atau berkunjung ke blog seseorang adalah jangan lupa menorehkan sepatah-dua patah kata pada FORM KOMENTAR. 1 kata komentar saja, bisa sangat berarti banyak buat siempunya blog. Komentar tersebut bisa menunjukkan bagaimana kita respek terhadap nuansa ekspresi dan eksistensi sebuah blog.

Setiap netter yang memiliki blog, sudah pasti memiliki visi kemana blog tersebut akan diarahkan. Dan jika kita menyimak masing-masing blog dengan beraneka ragam thema dan visi, semua blog pada awalnya terbelah menjadi 2 karakteristik yang berbeda. BLOG KOMERSIAL atau BLOG PRIBADI.

Blog komersial biasanya hadir dengan visi dan thema yang tegas BLOG IS A BUSINESS. Idealnya Blog komersial ini dimanfaatkan oleh kalangan pebisnis atau pengusaha yang memiliki modal. Jika kita berkunjung ke blog ini, kita akan melihat berbagai macam pernak-pernik WIDGET yang memberi nuansa profit oriented. Blog komersial biasanya enggan melakukan blogwalking sendiri. Dengan ditunjang dana promosi yang lumayan oke, mereka lebih save misanya dengan berlangganan adwords nya GOOGLE atau menciptakan program afiliasi sendiri dan membiarkan referalnya yang melakukan blogwalking. Hanya anehnya kenapa mereka memanfaatkan blog untuk tujuan komersial, padahal dengan modal besar mereka bisa beli server atau domain sendiri yang setara dengan server blogger, kemudian menciptakan web portal dengan fasilitas widget yang lebih komplit dan ukuran bandwidth yang lebih besar.

Bisa jadi itu hanyalah trik bisnis. Ada jutaan orang berinternet setiap hari bahkan bisa lebih, dengan cara yang berbeda-beda, dari yang hanya sekedar searching, browsing, mailing, atau chatting. Dan yang paling jelas eksistensinya adalah komunitas blogger. Dengan berkamuflage sebagai blogger mereka bisa lebih leluasa dan familiar mengembangkan bisnis diantara para blogger lain dan jika mungkin juga diantara komunitas bukan blogger. Karena via blogger juga bisa connect dengan jejaring sosial lain seperti facebook,friendstar, messager yahoo dll.

Blog personal atau blog pribadi lebih mencerminkan file pribadi online, beberapa ada yang mengarahkannya ke buku harian online. Sebenarnya pihak BLOGGER.COM tidak membedakan layanan antara blog berbasis bisnis dan blog personal. Yang membuatnya berkesan BISNIS atau PERSONAL adalah kita sendiri sebagai pengguna blog. Namanya juga Blog personal, berarti sentuhan rasa yang ingin kita tampilkan pada blog tersebut adalah "Tentang Kita (ABOUT US)", Tentang sesuatu disekitar kita, bisa saja blog itu sebagai ungkapan ide-ide seorang Politikus atau Hasrat seorang dokter yang ingin membuka ruang konsultasi medis online, atau Luapan Kekayaan Ekspresi seorang seniman, atau bisa jadi ia bukanlah siapa-siapa yang hanya ingin menuangkan perasaan dan berbagi pengalaman. Jika kemudian blog personal banyak yang terseret ke dunia bisnis online. Kenapa tidak. Dengan asumsi bahwa jika segala ekspresi dan ide-ide yang tertuang dalam blog yang awalnya hanya dinilai melalui feedback dalam bentuk respek atau pujian, saran atau kritikan kemudian berubah menjadi bentuk nyata berupa uang khan paling tidak bisa membantu meringankan budget yang telah kita keluarkan untuk berinternet dan sebagai kompensasi dari waktu kita yang banyak terbuang. Apalagi jika ternyata bisnis tersebut sukses dan membuat kita ....hehehehe "kaya". Wahhh wahhh wahhh !!!!

Yang jelas, kemana blog tersebut akan menemukan bentuknya tergantung kepada kita sendiri dan itu menuntut tanggung jawab. Tanggung jawab kita adalah apakah kita hanya ingin membiarkan blog tersebut seperti katak dibawah tempurung atau total ikut serta meramaikan globalitas dunia blog dengan segala konsekwensinya. Yang pasti setuju atau tidak, fakta telah membuktikan bahwa hidup mati nya sebuah blog sangat tergantung pada traffik ramai-sepinya pengunjung blog tersebut. Jika ingin blog kita dianggap survive, kita tidak bisa hanya cukup diam dan berlocal hero sendiri. Kita harus melakukan Blogwalking agar mendapatkan umpan balik. Jika kita tidak puas hanya di anggap "ada" saja dan ingin lebih menduduki posisi bergengsi di dunia internet, kita harus membayar lebih, baik tenaga, uang dan waktu luang. Itu Konsekwensinya.

Bersambung

Related Posts by Categories



56 comments:

Anonim mengatakan...
wah...
info yang bagus, belum pernah pake cara itu...
Anonim mengatakan...
blogwalking
wahyuda mengatakan...
Hallo Boss boleh kenal nih, disini bnyk yang tersenyum hehehe.
selamat atas terpilihnya B. Obama
Anonim mengatakan...
blogwalking!!!
Unknown mengatakan...
Aga kareba??? posting artikel or opini yg bagus n bisa di coba.

Salam
Ambo Upe
iFant mengatakan...
Yups emang bener tuh....!!!
Anonim mengatakan...
Wah kebetulan cra diatas sudah dilakukan..

Thanks bwt infonya..!!!
ebenk789
Subagya mengatakan...
ulasan yang lengkap...salah satu cara meningkat traffic
Anonim mengatakan...
thank ya sharingnya
Anonim mengatakan...
Betuuulll mass...setubuh...eh setujuh maksud saya...

saling membantu kan lebih baik..

Keep Share.
Blogging For Fun mengatakan...
wah bgus bnget om....
tu mmbantu bnget dah wat yg lom tau....
mksh y om wat infrmsi dan kunjungan nya....
Anonim mengatakan...
Ulasannya keren abiezz dech,pokoknya top lah he..he..
Untungnya blogwalking udah tak praktekin,dan terbukti manjur buat ningkatin traffic
Anonim mengatakan...
nice ur blog
:D
sukses selalu mas
:D
Anonim mengatakan...
infonya detail banget, great post ... keep posting bro :)
Emmy mengatakan...
Wow ..keren banget blognya !

Emmy
http://informationofskincare.blogspot.com/
Anonim mengatakan...
wah mas, keren dech menu jalur cepatnya yang ada di kiri layar itu...
itu namanya apa mas? gimana cara bikinnya...ih keren dech blog nya!!
Anonim mengatakan...
keep blogwalking :)
Anonim mengatakan...
Dan etika yang bagus saat blogwalking atau berkunjung ke blog seseorang adalah jangan lupa menorehkan sepatah-dua patah kata pada FORM KOMENTAR. 1 kata komentar saja, bisa sangat berarti banyak buat siempunya blog ....


SETUJU !!!
Syaiful Safril mengatakan...
thx sharngnya ya..??
SugaXXX mengatakan...
hohohohohoh..
malam mas
sambil ngeronda..
Anonim mengatakan...
malam mas..numpang baca ya :)
Anonim mengatakan...
selamat pagi bisa jadi inspirasi ini
Anonim mengatakan...
komplit,.en mantaf.,:)
tnyku info yg kesekian x-nya :)
Anonim mengatakan...
helllo.. blogwalking.. hehe
Ribbon has Re Born mengatakan...
nggak hanya walking, running pun juga bisa...lebih cepat...ngasi semangatt!!
Anonim mengatakan...
setuju ah :)
Anonim mengatakan...
tanks informasinya...coy
Nia mengatakan...
siang...kunjungan balasan... bener banget tuchh...dgn blogwalking maka blog kita akan diketahui oleh banyak orang....meskipun isi blognya cukup sederhana sprti blog aku hihihihi....
Anonim mengatakan...
Keren banget bosss...
Anonim mengatakan...
Top 5 Football WAGs, Sexy Girl Galleries
Top 5 Football WAGs, Sexy Girl Galleries
Anonim mengatakan...
setuju bro...blogwalking juga bisa mempererat talisilaturahmi
Anonim mengatakan...
ajibbbbb... lagi nyoba nihhhh.. thanks infonya
Anonim mengatakan...
lam kenal bos,
templatenya mantap...
gimana sih cara bikin Navigasi Jalur cepat
sukses...
manatap tenan
Unknown mengatakan...
kunjungan siang hari ;)
ricky28 mengatakan...
kereeeen!
jadi pengen nyoba ni!!
thanks ya!
petra-studio mengatakan...
salam kenal mas
mo nyoba praktekin blogwalkingnya ya
Anonim mengatakan...
kekuatannya benar-benar mantap...
tes ah...
Anonim mengatakan...
yup...
1 komentar sangat berarti...
komen donk di rumahku :D
Anonim mengatakan...
Rencananya saya mau buat satu blog lagi di blogspot yang khusus berhubungan situs iklan saya. Perkembangannya, perkerjaan yang telah dilaksanakan, promosi ke mana saja dll.

Menurut saya, jika kita memiliki blog, secara phisikologis akan membuat situs utama kita semakin dekat dengan pengunjung.

Jabat Erat,
IklanBarisInstant.Com
Anonim mengatakan...
postingan yang mantap dan sangat bergizi, layak dicicipi oleh semua blogger khususnya pemula. Saya sangat suka.
Anonim mengatakan...
terima kasih atas kunjungan anda ke e-kehamilan

kami juga mendukung kegiatan blogwalking lho, salam kenal dan semoga sukses selalu, jangan lupa mampir ya :D
Anonim mengatakan...
Salam kenal dari saya Firdas sebagai new comer pada mas Gamal dan rekan-rekan lainnya.
Saran mas Gamal untuk Blogwalking bagus juga tuh. Kalo ada waktu boleh main ke blog saya, sama saran2nya ya mas Gamal. Trims.
bayu nugroho mengatakan...
baru baca sekarang nih, saya pernah ngalamin nih dulu, awal buat blog, gatau yang namanya blogwalking cupu amat saya yah....
frizzy mengatakan...
Mantaff tipsnya sob, thanks for sharing. Blogwalking adalah kegiatan olahraga pikir dan kreasi dari para blogger.

Cheers, frizzy.
Anonim mengatakan...
bos... nie wa kasih tutorial traffic generatornya asli Indonesia... gabung yah..... 1000 orang pertama berkesempatan dapetin 500Rb

http://bobbyfiles.wordpress.com/2009/04/22/traffic-blogsitus-anda-loyo-bom-bardir-aja/
then mengatakan...
5 jam saya berada di blog ini dan tidak bosan :) thanks mas..
then mengatakan...
tulis lagi ah.. Sekedar Blog saja,namun unix
Arief mengatakan...
Salam kenal, sebenarnya saya mulai menulis dari tahun lalu di blog dengan niat sharing aja, tapi kok gak enak juga ya kalo gak ada yang baca...hehehe.

Baru mulai nih blogwalkingnya.


Tips BlackBerry dan Personality Development
Informasi Lowongan Kerja Baru mengatakan...
Salam Kenal sob, thank untuk infonya :D
Nexian Beat Box mengatakan...
Sangat membantu dan memberikan pencerahan
Infoweb mengatakan...
Mungkin gara gara blogwalking.. akhirnya blog diblok dari sana sini.. Trims info bagus.
abfdd mengatakan...
betpark
tipobet
betmatik
mobil ödeme bahis
poker siteleri
kralbet
slot siteleri
kibris bahis siteleri
bonus veren siteler
EY33GY
betturkey giriş mengatakan...
betmatik
kralbet
betpark
tipobet
slot siteleri
kibris bahis siteleri
poker siteleri
bonus veren siteler
mobil ödeme bahis
MQZLNM
hediye mengatakan...
bahis siteleri
https://bahissiteleri.io
youwin
bets10
1xbet
UAM
sultan mengatakan...
salt likit
salt likit
heets
canlı sex hattı
https://girisadresi.info/
6WF5ZK
azra mengatakan...
adana
adıyaman
afyon
ağrı
aksaray
YJJ

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH