Loading ... ... Please wait!

Senin, 22 Desember 2008

Iframe menembus batas

Sebelum tertarik membuat blog, beberapa pekan sebelumnya, saya iseng-iseng searching ke berbagai komunitas blogger. Saya melihat berbagai keragaman blog mulai dari yang sederhana sampai yang begitu smart dan ciamik. Rupanya asyik juga memiliki blog. Akhirnya saya daftar ke blogger.com dan mendapatkan account sekaligus alamat blog. Begitu alamat saya buka, ternyata blog default yang disediakan betul-betul mentah dan tak menarik untuk dilanjutkan kembali. Tapi seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang", maka mulailah iseng-iseng saya buka satu-persatu fasilitas widget/gadget yang disediakan dan tampilkan pada layout halaman blog. Hasilnya lumayan Ok, tapi masih jauh dari harapan.

Tak puas dengan fasilitas yang ada, coba-coba saya telusuri dan buka source htmlnya. Setelah mempelajari secara detil, ada yang menarik tapi ada juga yang tak menarik. Tak menariknya adalah Pertama : bahasa yang digunakan bukan bahasa HTML Murni yang lebih familiar tapi bahasa xml, Kedua : tak seperti lazimnya webspace gratisan seperti geocities atau tripod, blog sama sekali tak menyediakan fasilitas untuk membuat direktori atau file, sehingga tak memungkinkan kita membuat halaman yang beraneka ragam, satu-satunya fasilitas halaman adalah ketika anda melakukan posting, maka halaman akan otomatis terbentuk sendiri, Ketiga : fasilitas interaksi sangat minim, tak ada guestbook, counter, dan statistik pengunjung. Dan yang paling mengecewakan dari blogger adalah ternyata blogger tidak menunjang PHP dan MySQl. Bahasa yang sangat universal di dunia world wide web

Yang menarik dari blogger adalah fasilitas yang disediakan tidak terlalu kaku, kita masih diperkenankan untuk bereksperimen, html/javascript masih diperkenankan, meskipun dalam beberapa kali uji coba banyak javascript yang error saat di share ke blogger. Dengan diizinkannya html/javascript maka sebuah lubang terbuka untuk mengambil direktori dari sumber lain kemudian dishare baik secara langsung maupun tak langsung.

Contoh direktori langsung adalah counter,feedburner,pagerank dll yang di comot dari berbagai penyedia counter seperti sitemeter.com,feedburner,pagerank.com yang disusup masuk ke blog via tag-tag javascript.

Yang saya suka adalah menyusupkan direktori eksternal ke blogger secara tidak langsung menggunakan Iframe.

Iframe adalah semacam jendela buat blogger untuk melihat/memanfaatkan dunia luar (direktori ekternal) tanpa menggangu script-script blogger yang ada. Dengan Iframe, blogger akhirnya menjadi tanpa batas, semua fasilitas yang tak dsediakan secara default oleh blogger dapat di browse ke iframe. Hasilnya sungguh luar biasa. Contoh Tagboard/shoutbox, slide in page banner, iklan memanfaatkan iframe untuk share ke blogger.

saya sendiri memanfaatkan iframe untuk berbagai keperluan:
  • Membuat fasilitas user/members login, Yang Lagi Online, Private Message, Dan Posting Artikel yang berbasis PHP dan MySQL. Saya buat terlebih dahulu webside portal via penyedia free web hosting berbasis PHP + MySQL setelah itu saya jump ke blog via iframe.

  • Membuat Blog dalam blog. Artinya pada blog utama yang saya buat terdapat lagi blog lain yang saya sisip via iframe. Sehingga jika anda membuat 10 blog dengan tema yang berbeda. kesepuluh blog tersebut dapat anda tampilkan pada 1 blog saja.

  • Posting pada blogger tidak mengizinkan javascript, tag-tag yang diizinkan terbatas. Untungnya tag iframe masih di izinkan sehingga kita bisa buat artikel dengan menampilkan direktori eksternal pada postingan.


Related Posts by Categories



10 comments:

PARTAI43 mengatakan...
Senang bisa mengunjungi Blok ini!!
Banyak ilmu baru yang saya dapat !!
Saya baru membuat Blog!!
Mohon ijin baca tulisan untuk menambah penampilan Blog baru gue!!
Terima kasih
PARTAI43 mengatakan...
Oya Sekalian mau tanya, huruf pada komentar blok saya kok besar-besar yaa!!, dimana merubahnya??
terima kasih!!!
tolong di cek di http://mentari-computer.blogspot.com
Abdul Gamal mengatakan...
Bung M Syamsu YW,
Buka Edit html, Cari #comments (biar cepat tekan ctrl + F, masukkan kata #comments), setelah ketemu tambahkan tag berikut dibawah
#comments {

font-size:11px;

Jika anda anggap masih besar, kurangi saja nilainya sesuai yang diinginkan
حرون ريزل mengatakan...
wah.. mas.. sayangnya info yg mas kasi belum jelas.. dimana bisa mendapatkan iframe, bagaimana cara menggunakan iframe ?? thx..
arton mengatakan...
nambah ilmu lagi neh.. trus bagi ilmunya mas... trus maju dan sukses, mudah-mudahan berimbah ke kita semua:)
Ade Sanusi mengatakan...
@ Admin : Saya Salut dan bangga Setelah Menemukan Blog ini, Sungguh banyak materi dan pelajaran yang dapat saya ambil dari sini. Kreatif dan Inovatif. Saya sedang Mempelajari PHP dan MySQL mohon bantuannya. :)

Tapi ada satu hal yang menarik dan perlu diwaspadai! bahwasanya kode iframe Bisa digunakan di web/blog dan perlu diperhatikan bahwa kode iframe bisa digunakan asal mengetahui kode url tersebut. Sekedar memberikan masukan, Kode Iframe Blog ini bisa saja saya pasang do blog saya dan di blog orang lain misalnya: Hal ini menjadi masalah jika iframe yang digunakan untuk keperluan mas digunakan oleh orang lain? gak masalah jika itu yang biasa tapi untuk kode tukeran link misalnya! ada 100 orang yang pasang dengan Iframe punya mas! Berarti banyak donk link yang terpasang di situ! sayangnnya link itu bukan dari blog mas melainkan dari blog orang lain yang dikira itu punyanya. he he.... * Gimana kalo saya gunakan iframe ini http://unibagml.blogspot.com/2009/02/shoutbox022009.html untuk blog saya he he Becanda Mas!!! Sukses selalu dari http://dunia-blogger.blogspot.com & www.adesanusi.com Mohon bantuan dan ajarannya mas.
Abdul Gamal mengatakan...
@ade sanusi, thank atas masukannya yang sangat berguna. Itulah salah satu kelemahan menggunakan iframe. Oleh karena itu iframe hanya saya gunakan untuk kebutuhan yang bersifat input data. Karena dengan menggunakan metode ini, siapapun yang memasang iframe ini pasti jika melakukan input data, window akan reload kembali ke blog pemilik iframe.
uki mengatakan...
terima kasih infonya bung abdul gamal
tolong beri saran blog saya dan apa yang kurang
bloggerbatam mengatakan...
salam kenal om
Mohammad Rizky Prasetya Kurniadi mengatakan...
LAnjutkan...hehehe

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH