Loading ... ... Please wait!

Sabtu, 13 Desember 2008

Daftar Isi Blogger Debug/error javascript

Jika Anda sempat membaca artikel saya tentang "Daftar Isi Blogger Tanpa direktori Eksternal", maka artikel ini merupakan kelanjutannya. Artikel itu saya buat karena ketika membuat daftar isi blogger, saya mencoba mengatur berapa jumlah judul postingan yang ingin saya tampilkan, saat itu artikel yang sudah saya posting ada 6, jadi pada setting scriptnya saya ubah seperti ini


<script>
var numposts = 6;
var showpostdate = true;
var showpostsummary = true;
var numchars = 100;
</script>

Pada layout halaman blog, tampaknya tak ada masalah, aman-aman saja,

Nah, saya coba-coba bereksperimen, bagaimana jika setting scriptnya saya ubah menjadi 100, seperti ini

<script>
var numposts = 100;
var showpostdate = true;
var showpostsummary = true;
var numchars = 100;
</script>

kelihatannya tak ada masalah, tak ada yang aneh, daftar isi postingan tetap ditampilkan. Tapi tanpa sengaja saya melihat pada statusbar muncul kode seperti ini,



setelah saya klik muncul warning dengan kata-kata seperti ini
Error : 'title' is null or not an object

Ini menandakan bahwa sebenarnya telah terjadi kesalahan atau error javascript. Saya mencoba menelusuri kesalahannya, ternyata masalahnya begini : Jika anda mengganti nilai numposts kurang atau sama dengan jumlah postingan, maka tidak akan terjadi error, tapi jika anda mengganti nilai numposts lebih dari jumlah postingan akan terjadi error javascript.

Solusinya adalah
Pastikan nilai numposts selalu kurang atau sama dengan jumlah postingan anda, jangan pernah setting nilainya diatas jumlah postingan anda.

Jika jumlah posting sudah banyak dan sudah lupa mengingat jumlahnya berapa, anda bisa menggunakan kode script dibawah ini

json.feed.openSearch$totalResults.$t

dan ganti pada tulisan yang berwarna biru

for (var i = 0; i < numposts; i++)

jadi seperti ini

for (var i = 0; i < json.feed.openSearch$totalResults.$t ; i++)

Hanya masalahnya, judul postingan akan ditampilkan semua pada layout halaman blogger, jika jumlahnya masih kurang dari 50 postingan mungkin tak masalah, tapi bayangkan kalau jumlah postingan sudah melebihi 100 atau bahkan 1000, malah menjadi kurang sreg karena membuat halaman blog menjadi terlalu panjang kebawah. Jika hal tersebut terjadi, untuk mengatasinya saya memberikan 2 solusi :


  1. Batasi jumlah judul postingan pada daftar isi yang ingin ditampilkan sesuai selera anda, yang penting syaratnya nilainya jangan melebihi jumlah total postingan anda
  2. Buat Auto Scrolling Daftar Isi atau manual scrolling daftar isi atau Slide in Page Daftra Isi. Dengan Cara ini seluruh jumlah postingan berapa pun jumlahnya dapat ditampilkan dalam sebuah box kecil yang bisa diatur ukurannya sesuai selera. Jika ingin melihat judul postingan, anda cukup melakukan scrolling secara manual/autoscoll atau biarkan animasi slide yang mengubahnya sesuai interval waktu yang bisa kita setting sendiri.(Pembahasan Tentang hal ini dapat anda buka di artikel "Daftar Isi Scrolling page" atau "Daftar isi Slide in page").


Related Posts by Categories



0 comments:

Posting Komentar

 
 
 
 
 
 


CLOSE
MAIN MENU
REFRESH